Intel Centrino? Apa itu?

Dari perkataan temen ane mungkin emang masih banyak orang yang nganggep Intel Centrino itu adalah sebuah nama proccessor keluaran intel, walaupun banyak para master disini yang dah tau apa itu Intel Centrino. ane cuma mau ngasih informasi, biar kita sama2 belajar….

Sebenernya Intel Centrino bukanlah nama CPU Mobile gan, melainkan sebuah platform khusus yang digagas oleh Intel.Nah Istilah ini mencakup kombinasi tertentu dari chipset motherboard, interface jaringan wireless dan mobile CPU yang didesain untuk notebook.

Bertentangan dengan pendapat umum selama ini yang menganggap Centrino adalah processor notebook semata, Centrino sebenarnya adalah sebuah platform dengan komponen spesifik yang ditetapkan oleh Intel. Berbicara tentang Centrino berarti berbicara tentang platform yang terdiri dari processor, chipset, dan jaringan wireless. Sebuah notebook baru bisa disebut Centrino, apabila memiliki ketiga komponen diatas.

Platform sendiri menggambarkan sekelompok arsitektur hardware atau sebuah framework software yang mengizinkan software untuk dijalankan. Platform bisa berupa hardware, sistem operasi, bahasa pemrograman, atau GUI.

GENERASI CENTRINO
Sejauh ini, platform Centrino telah memiliki lima generasi. Platform Centrino generasi pertama, dengan codename Carmel, yang dirilis pada Maret 2003, dibangun berdasarkan CPU Pentium M (dengan core Barnias), chipset Intel 855 Express, dan jaringan wireless Intel PRO/Wireless 2100 (802.11b).

Pada Juli 2004, Intel meluncurkan generasi kedua dari platform Centrino, yang juga dikenal dengan codename Sonoma. Generasi ini didasarkan pada CPU Pentium M (dengan core Dotan), chipset Intel 915 Express, dan jaringan wireless Intel PRO/Wireless 2200 atau 2915ABG (802.11a/b/g).

Pada generasi ketiga, barulah kemampuan dual-core processing disematkan pada platform ini. Generasi ini juga dikenal dengan codename Napa, dilengkapi dengan processor Core Duo (core Yonah) atau Core 2 Duo (core Merom), jaringan wireless Intel 945 Chipset dan Intel PRO/Wireless 3945ABG (802.11a/b/g). Selain dual-core, terdapat juga platform Centrino Napa berbasis CPU Core Solo yang hanya memiliki core processing tunggal, seperti halnya pentium M. Namun sejak generasi ketiga ini, platform Centrino mulai disebut dengan Centrino Duo, untuk mengindikasikan CPU dual-core yang digunakannya.

Generasi keempat, dengan codename Santa Rosa, dibagi kedalam dua versi: Centrino Duo dan Centrino Pro. Perbedaan mendasar diantara keduanya adalah, Centrino Pro memiliki teknologi Remote Management berbasis hardware yang disebut Intel Active Management Technology (Intel AMT). Teknologi ini memungkinkan pengidentifikasian dan pemecahan masalah dari jarak jauh selama komputer terhubung dengan jaringan, meskipun dalam keadaan mati (selama sumber powernya masih ada). Sejak diluncurkannya Santa Rosa, sebuah komponen tambahan ditanamkan kedalam platform Centrino, yakni sebuah disk cache terintegrasi menggunakan flash memory untuk meningkatkan kinerja sistem, dan menghemat penggunaan baterai. Komponen ini disebut Intel Turbo Memory atau dikenal juga sebagai teknologi Robson.

Generasi kelima disebut Centrino 2, dengan codename Monteniva, juga memiliki dua versi: Centrino 2 dan Centrino 2 dengan teknologi vPro. Platform ini didasarkan pada processor Core 2 Duo atau Core 2 Quad processor 45nm (core Penryn), chipset seri Intel Mobile 4 Express (GL40, GS45, GM45, GM47 atau PM45), jaringan wireless Link seri 5000 yang mendukung koneksi hingga 450 Mbps (802.11 n). Generasi ini mensyaratkan penggunaan interface Gigabit Ethernet yang disediakan oleh sebuah chipset Intel 82567. Sementara versi vPro hanya mendukung keamanan vPro, dan teknologi remote management (versi baru dari Intel AMT).

Nah,tapi ada juga pedagang yang bilang kalo Celeron Centrino,apa bener???

Seperti disebutkan diatas gan, sebuah notebook hanya dapat disebut Centrino jika memiliki tiga komponen (atau empat plus teknologi Robson) yang ditetapkan oleh Intel. Bila sebuah notebook berbasiskan CPU Core Duo, tetapi tidak memiliki jaringan wireless Intel PRO/Wireless 3945ABG misalnya, tidak dapat disebut Centrino.

Kesalahan yang sangat umum terjadi adalah menganggap processor Celeron M termasuk ke dalam platform Centrino. Jadi gan “Celeron Centrino” merupakan rekayasa para pedagang komputer (khususnya notebook) untuk mengelabui calon pembeli. Platform ini tidak pernah ada. Singkatnya, meski sebuah notebook menggunakan chipset dan jaringan wireless dari platform Centrino, namun tidak menggunakan salah satu CPU dari kelima generasi Centrino diatas, notebook tersebut tidak bisa disebut Centrino.

Wajar aja gan jika ada oknum penjual yang membajak namanya untuk mengelabui konsumen atau menaikkan harga jual notebook mereka. Kenali dulu teknologi notebook Centrino sebelum memutuskan untuk memboyongnya ke rumah Anda

Kesimpulan:

Jadi gan engga semua notebook atau komputer yang menggunakan processor Intel bisa dikatakan Intel Centrino. Sebuah notebook baru bisa dikatakan Centrino jika dia memiliki 3 komponen utama referensi dari Intel, yaitu processor Intel M hingga processor Intel Core 2 Quad, dengan chipset awal Intel 855 Express hingga Intel Mobile 4 Express, dan dukungan jaringan wireless 802.11a/b/g.

Lagian para produsen notebook terkemuka, seperti Thosiba, Acer, Lenovo, NEC, BenQ, ASUS, akan meberikan stiker pada notebook mereka dengan tulisan Intel Centrino jika memang notebook yang mereka hadirkan mengusung teknologi Intel Centrino. Untuk mengetahui apakah notebook atau komputer Anda termasuk dalam teknologi Intel Centrino, pastikan notebook atau komputer Anda memiliki 3 komponen utama seperti yang telah disebutkan diatas. Inget gan!!! Centrino bukanlah nama processor dari Intel, melainkan gabungan dari 3 komponen dari Intel (processor, chipset, dan wireless).

About these ads

4 Komentar

  1. mantab gan artikelnya……buat nambah pengeahuan,,,,kebetulan com gw CENTRINO vPro

  2. I’m impressed, I must say. Rarely do I encounter a blog that’s both equally educative and interesting, and without a
    doubt, you have hit the nail on the head. The problem is something too
    few men and women are speaking intelligently about. Now
    i’m very happy I found this during my search for something relating to this.

  3. Pretty part of content. I simply stumbled upon
    your website and in accession capital to say that I acquire actually loved account
    your blog posts. Anyway I’ll be subscribing in your augment or even I achievement you get admission to consistently quickly.

  4. For Valentines Day,. You’ll save a couple of pennies around the power bill and will also be pretty challenging to hack a wireless network that’s not online.
    Most phishing emails are pretty poorly made.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.